Minggu, 25 September 2022

Berikut Ini 8 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

Manfaat Menangis Untuk Kesehatan
8 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan 


Manfaat Menangis Bagi Kesehatan - Mengapa Anda Sering Menangis Apalagi jika Anda seorang pria, mungkin Anda tidak ingin dicap cengeng atau easy cryer. Ada banyak faktor berbeda yang membuat seseorang menangis atau menangis, dan masih banyak lagi.


Menangis sering kali merupakan cara untuk melepaskan emosi yang tertekan. Banyak orang merasa lega setelah meneteskan air mata, tetapi mereka sering merasa lebih buruk. Penelitian telah menunjukkan bahwa menangis memiliki banyak manfaat kesehatan. Apa saja manfaat menangis bagi kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.


manfaat menangis untuk kesehatan antara lain : 


1. Buang racun


Ahli biokimia William Frey telah melakukan beberapa penelitian tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang dihasilkan oleh tangisan emosional sebenarnya beracun. Namun jangan salah, keluarnya air mata beracun menandakan bahwa ia sedang membawa racun keluar dari tubuhnya dan mengeluarkannya melalui matanya.


2. Membunuh bakteri


Tidak perlu tetesan air mata. Hanya air mata yang bertindak sebagai agen antibakteri alami. Air mata mengandung cairan yang disebut "lisosom" yang dapat membunuh sekitar 90-95 bakteri yang tertinggal di keyboard, pegangan tangan, bersin, dan di mana saja kuman bisa masuk hanya dalam lima menit.


3. mengurangi stres


Bagaimana menangis mengurangi stres Air mata sebenarnya melepaskan hormon stres dalam tubuh: endorfin, leusin, enkaphalin dan prolaktin.


4. Membuat Anda merasa lebih baik


Orang yang menangis dapat mengurangi depresi karena menangis dapat mengangkat mood mereka. Air mata dari tangisan emosional mengandung 24% protein albumin, yang membantu mengatur sistem metabolisme tubuh, dibandingkan dengan air mata dari iritasi mata. 


5. Buat diri Anda nyaman


Setelah menangis, biasanya ada perasaan lega. Karena setelah menangis, sistem limbik, otak, dan jantung Anda menjadi lancar, membuat Anda merasa lebih baik dan lega.


6. Mencegah masuk angin dan flu


Air mata yang kita keluarkan saat menangis mengandung zat cair bernama lisozim yang dapat membunuh 95 bakteri hanya dalam beberapa menit. Sama seperti hidung kita yang memiliki rambut dan rongga hidung yang mencegah kuman dan bakteri keluar, mata kita juga memiliki air mata untuk mencegah kita sakit.


7. Membangun komunitas


Menangis tidak hanya baik untuk kesehatan fisik Anda, tetapi juga membantu membangun komunitas. Orang yang menangis setelah membicarakan masalah mereka, biasanya di depan teman atau orang yang dapat menawarkan dukungan, meningkatkan keterampilan komunikasi dan sosial mereka.


8. Membantu melihat/melembabkan mata


Fungsi utama air mata adalah melumasi bola mata agar kita bisa melihat. Air mata melembabkan dan mencegah selaput mata mengering. Tanpa air mata kita tidak bisa melihat.

Menangis jika perlu. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan di atas, menangis untuk kesehatan emosi memiliki banyak sekali manfaat. Tapi jangan menangis (atau berpura-pura) hanya untuk menjadi sehat secara emosional.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon