Jumat, 16 September 2022

Berikut Merupakan 3 Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil pada Pria

3 bahaya sering menahan buang air kecil bagi pria
3 bahaya sering menahan buang air kecil bagi pria

 

Dalam kondisi tertentu, terkadang kita mencoba menahan diri. Nah, pada pria, menunda BAK terjadi di antara mereka saat mereka sibuk bekerja atau mungkin bermain game. Alih-alih  ke kamar mandi sebentar, mereka terus menahan buang air kecilnya hingga aktivitas usai.

Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil

Seringkali, menahan buang air kecil pada pria sebenarnya cukup berbahaya. Kebiasaan ini akan mempengaruhi kerja  kantung kemih. Selain itu, jumlah air seni yang konstan dapat menyebabkan pembesaran prostat dan masalah ginjal.

Untuk mengetahui lebih mendalam seperti apa bahaya dari menahan buang air kecil, simak ulasan di bawah ini:

1. Menahan buang air kecil menyebabkan otot kandung kemih dan katupnya melemah

Otot  kandung kemih menghubungkan urin yang diproduksi oleh ginjal. Biasanya setelah 500ml tubuh akan merespon sehingga kita  ingin buang air kecil. Ketika pria Manahan  tidak buang air kecil di luar tubuhnya, otot  kandung kemih akan bekerja terlalu keras. Akibatnya, kelainan bisa  terjadi akibat kontraksi yang berlebihan. 

 Kerusakan pada kandung kemih dan katupnya membuat pria sulit menahan buang air kecil. Akibatnya, mereka bisa  mengompol saat kandung kemih mulai terisi dengan urin.

2. Menahan buang air kecil menyebabkan infeksi saluran Mr. Joni

air seni yang dikeluarkan dan disimpan di kandung kemih sering mengandung bakteri atau kuman. Jika pria sering menahan  buang air kecil, bakteri di dalam air seni bisa  berkembang pesat dan akhirnya menginfeksi saluran kemih. Pria dengan penyakit radang ini sering merasakan nyeri saat buang air kecil dan sering merasakan nyeri di perut bagian bawah.

3. Menahan buang air kecil menimbulkan kerusakan pada ginjal

Dalam kondisi tertentu, air seni yang masuk ke  kandung kemih bisa kembali naik dan masuk ke  ginjal. Infiltrasi air seni ini menyebabkan kerusakan dan infeksi yang cukup serius. Akibatnya, ginjal akan berjuang untuk berfungsi secara optimal dan dapat terjadi gangguan tubuh lainnya. 

 Untuk menghindari risiko tersebut, segeralah ke kamar mandi jika harus buang air kecil. Jangan menahan diri, oke?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon