Jumat, 16 September 2022

Berikut Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Dalam Kabin Mobil

Cara Menghilangkan Bau Kabin - Kenyamanan berkendara bisa menjadi prioritas semua orang. Untuk menjaga kenyamanan mobil, pemilik harus merawat mobil. Perawatan dapat dilakukan dalam bentuk servis rutin untuk merawat mesin dan merawat kabin agar tidak muncul bau tak sedap.

Membersihkan Kabin Mobil

Orang akan sangat bingung jika mobil yang mereka kendarai memiliki bau yang tidak sedap. Jadi, sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu merawat kabin agar tidak bau. Ingin tahu caranya? Simak artikel berikut ini!

1. Bersihkan Kabin

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin menghilangkan bau tak sedap di kompartemen penumpang adalah membersihkan kompartemen penumpang. Bersihkan kabin secara menyeluruh. Lakukan ini dengan hati-hati, karena jika tidak, baunya bisa muncul kembali.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuang semua sampah di kabin. Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan panel kontrol dengan menyeka semua bagian panel kontrol, ingat untuk tidak melewatkan satu hal pun!

Langkah selanjutnya adalah mencuci dan membersihkan karpet mobil Anda. Gunakan sabun jika ingin hasil yang maksimal. Setelah dibersihkan, keringkan karpet. Sambil menunggu karpet kering, Anda bisa membersihkan setiap sudut dan celah jok dengan penyedot debu atau vacuum cleaner.

Jangan lupa untuk membersihkan kursi di setiap baris. Jika pelapis menggunakan kain, cucilah dengan sabun. Namun, jika kursi menggunakan bahan kulit, Anda hanya perlu membersihkannya dengan cairan khusus dan mengeringkannya.

2. Gunakan Bahan Alami

Bahan alami seperti kopi bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap. Padahal, bau menyengat bisa hilang jika kita menggunakan kopi. Hati-hati, kopi yang digunakan bukanlah biji kopi melainkan kopi bubuk, dan pilihlah bubuk kopi yang tidak mengandung gula. Mengapa? Karena gula dapat menarik semut, baunya mungkin hilang tetapi Anda akan terganggu oleh serangga kecil. Cara penggunaan, Anda hanya perlu menaburkan bubuk kopi dalam jumlah yang tepat di atas kertas bekas, lalu taruh bubuk kopi tersebut di tempat yang bau atau di bawah kursi. Biarkan semalaman, lalu keesokan harinya yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan kopi dari kabin. Berhati-hatilah saat mengeluarkan kertas karena jika tidak, kopi dapat tumpah dan menodai karpet mobil Anda.

Jika Anda merasa kopi memiliki bau yang menyengat, Anda bisa menggantinya dengan soda kue. Begitu juga dengan penggunaannya. Taburkan di atas kertas dan letakkan di tempat asal bau atau di setiap sudut kursi. Atau Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menaburkan soda kue dalam jumlah yang tepat langsung ke sudut-sudut kabin atau meletakkannya di bawah sadel. Jika baunya hilang, gunakan penyedot debu untuk menyedot sisa soda kue.

3. Gunakan Pengharum

Cara ini bisa digunakan untuk menjaga agar kabin mobil kesayangan Anda tetap wangi dan segar. Namun, pemilihan parfum juga harus diperhatikan, jangan asal beli. Karena jika Anda melakukan kesalahan, Anda mungkin akan pusing karena aroma yang dikeluarkan.

Pilih parfum cair. Usahakan untuk tidak menggunakan parfum yang kental atau gel. Kedua wewangian tersebut dapat meninggalkan noda atau endapan jika diletakkan di dekat AC. Selain itu, jika parfum kental atau gel terkena sinar matahari, bisa meninggalkan noda di dashboard, lebih parah lagi, kedua wewangian ini bisa mengeluarkan bau apek. Oh iya, harus diingat bahwa saat menyemprotkan pengharum ruangan, semprotkan secukupnya saja!

4. Buka Kaca dan Pintu

Sirkulasi udara diperlukan untuk menjaga kabin tetap dingin. Karena itu, jika mobil dibiarkan lama, Anda perlu membuka sedikit jendela mobil. Ingat sedikit saja, karena jika terlalu terbuka akan menyebabkan permainan yang buruk. Bau hilang, mobil hilang.

Lebih aman jika mobil Anda sudah memiliki talang penempel, jadi jika jendela dibuka sedikit tidak ada yang akan melihatnya karena bagian atas jendela tertutup talang. Cara kedua adalah dengan membuka semua pintu mobil saat ingin menggunakan mobil atau setelah menggunakan mobil. Anda hanya perlu membuka semua pintu mobil. Hal ini tidak memakan waktu lama karena tujuannya untuk mensirkulasikan udara kabin dan diharapkan dapat membawa panas keluar kabin.

5. Jaga Kebersihan

Upaya terakhir adalah bentuk pencegahan. Dengan menjaga kebersihan kabin, bisa dipastikan bau tak sedap tidak akan muncul. Anda juga bisa menyediakan tempat sampah agar sampah tidak berjatuhan. Jika Anda dan penumpang Anda makan di dalam mobil, pastikan tidak ada makanan yang berserakan. Jika ada, harus segera dibersihkan agar tidak ada sisa makanan yang mengotori kabin. 

Di atas adalah 5 tips merawat interior mobil Anda agar tetap terlihat baru dan wangi. Kebersihan interior mobil bisa menjadi ukuran betapa pentingnya seorang pemilik bagi mobilnya. Semakin bersih dan segar interior mobil, semakin nyaman kita berkendara. Jadi, jangan malas untuk membersihkan interior mobil!

Artikel Terkait

1 comments so far


EmoticonEmoticon